Software Flashing Smartphone Android Free No Box and Dongle

Software Flashing Smartphone Android Free No Box and Dongle

Software Flashing Smartphone Android Free No Box and Dongle

Software Flashing Smartphone Android Free tanpa Box dan Dongle

Kita tahu smartphone Android rentan sekali bermasalah dengan softwarenya, entah karena virus atau iklan-iklan yang sering muncul pada home screen, bootloop ataupun restart-restart, memori internal penuh, System error ataupun muncul popup Aplikasi Not Responding atau Aplikasi force closed, Mati total pun juga bisa disebabkan karena rusaknya software dan beberapa kelalaian user sendiri dalam menggunakan smartphone seperti lupa password, lupa kata sandi, lupa pola, lupa email dan password akun google. Dari beberapa masalah tersebut dapat diselesaikan dengan cara di flash ulang. Yaitu mengebalikan kondisi software smartphone ke keadaan pabrik atau seperti awal kita membuka dus box. Semua aplikasi pihak ketiga atau aplikasi yang di download sendiri oleh user atau pengguna akan hilang. Termasuk data-data yang tersimpan pada memori internal seperti Kontak, Pesan SMS, Foto, Video maupun dokumen-dokumen lain yang tersimpa di memori internal.

Software flashing yang akan saya bagikan disini merupakan software free atau gratis. Berikut beberapa Alat atau Software yang dapat digunakan untuk melakukan Flashing Smartphone Android tanpa menggunakan Box Flasher ataupun Dongle.

  1. SPFlashtool (Mediatek)
    SPFlashtool merupakan Software flashing yang dikhususkan untuk melakukan perbaikan software atau flashing smartphone yang menggunakan Chipset Mediatek. Firmware yang digunakan terdapat file Scatter.txt yang berguna untuk memetakan file-file pendukung sesuai dengan partisinya. Misalkan boot.img, recovery.img, system.img, userdata.img dan lainnya. Sampai saat artikel ini di publish, SPFlashtool memiliki versi terakhir yaitu versi 5. Kamu dapat mendownload SPFlashtool pada halaman ini.
  2. SPD Flashtool (Spreadtrum)
    SPD Flashtool ada 3 varian software, yaitu SPD_ResearchDownload, SPD_Upgrade Tool, SPD_Factory Tool. Ketiga software tersebut digunakan untuk flashing ponsel smartphone / Android yang menggunakan Chipset Spreadtrum. Kamu dapat mendownloadnya pada halaman ini.
  3. QPST / QFIL (Qualcomm)
    QPST merupakan software untuk memperbaiki berbagai kerusakan pada Ponsel yang menggunakan Chipset Qualcomm. Selain untuk flashing, QPST juga berguna untuk memperbaiki kerusakan Sinyal akibat rusaknya NVdata (Backup dan Restore QCN). Pada Smartphone yang menggunakan Chipset Qualcomm type baru diperlukan software khusus untuk flashing nya yaitu software QFIL. Software QFIL ini juga dapat diperoleh ketika kita menginstall QPST versi 2.7.460 keatas. Untuk dapat menjalankan proses flashing ponsel qualcomm, ponsel terlebih dahulu harus berada pada mode Download EDL (Qualcomm HS-USB QDloader 9008). Kamu dapat mendownloadnya pada halaman ini.
  4. MiFlash / MiFlashtool Beta
    MiFlash merupakan software official yang di release oleh vendor Xiaomi yang berfungsi untuk melakukan Flashing pada device Xiaoami / Redmi. Flashing menggunakan software MiFlash dapat dilakukan dengan 2 metode yaitu metode Flash Fastboot dan Flash mode EDL (Qualcomm). Flash dengan metode Fastboot, pada device model baru memerlukan akses Unlock Bootloader. Sedangkan untuk flash mode EDL, untuk Xiaomi / Redmi dengan chipset Qualcomm keluaran baru memerlukan akses Auth ke server Xiaomi. Untuk Xiaomi / Redmi yang menggunakan chipset Mediatek, flashing menggunakan software SPFlashtool. Untuk model baru pun juga memerlukan akses Auth ke server Xiaomi.
  5. MiFlash Pro
    MiFlash Pro merupakan pengembangan dari software MIFlash yang mana memiliki kemampuan untuk flashing dengan metode sideload. Ini solusi flashing ponsel Xiaomi / Redmi model baru yang tanpa menggunakan login Auth.
  6. Asus Flashtool
    Asus Flashtool merupakan software khusus digunakan untuk flashing ponsel / Smartphone Asus. Untuk flashing menggunakan Asus Flashtool, ponsel harus berada pada mode Fastboot. Ini tidak terpengaruh dengan jenis Chipset / CPU yang digunakan ponsel tersebut.
  7. Odin Download Tool
    Odin merupakan software yang khusus digunakan untuk melakukan Flashing pada Smartphone Samsung. Tidak terpengaruh dengan jenis Chipset / CPU yang digunakan. Untuk flashing menggunakan Odin, terlebih dahulu Ponsel Samsung harus bisa masuk pada mode Download. Untuk masuk mode Download pada Samsung yaitu dengan menekan kombinasi tombol secara bersamaan, yaitu Volum Downe + Menu + Power ON.
  8. Sony Flashtool
    Sony Flashtool merupakan software khusus untuk flashing ponsel merk Sony. Sony Flashtool ini memiliki 2 metode untuk menggunakannya yaitu Metode Fastboot dan Metode Boot Mode. Boot Mode biasanya didapat dengan menekan tombol Volume Down kemudian sambungan USB ke PC.
  9. QGDP Tool
    QGDP Tool (QGDP Tool Asembler, QGDP Tool Developer dan QGDP Tool SMT) dapat jalan pada chipset Mediatek maupun Spreadtrum. Pada ponsel merek tertentu ada yang support flash menggunakan QGDP Tool ini. Tentunya dengan jenis firmware yang berbeda dari SPFlashtool maupun SPD Flashtool.
  10. LGMobileSupport Tool
    LG Mobile Support Tool ini software khusus ponsel LG untuk melakukan Flashing ataupun upgrade firmware.
  11. CFP dan Javaloader
    CFP dan Javaloader merupakan software kecil yang digunakan untuk melakukan flashing pada ponsel Blackberry. Software ini jalan pada Command Prompt windows. Tentunya sedikit lebih rumit dari software-software yang lainnya karena kita harus mengetikkan kode flashingnya secara manual. Pada perkembangannya, CFP Javaloader ini sudah di packing menjadi satu executable file yang dikenal dengan nama Autoloader.
  12. Adb dan Fastboot
    Adb Fstboot merupakan basic atau dasar. Ini juga jalan pada Command Prompt windows. Penggunaanya juga harus mengetikkan kode-kodenya secara manual.
  13. eMMCdl
    eMMCdl juga software kecil yang jalan pada Command Prompt windows. eMMCdl ini hanya support ponsel dengan chipset Qualcomm. Kita juga harus menuliskan kode-kode eksekusinya untuk bisa menjalankan eMMCdl. Pada akhir-ekhir ini, eMMCdl sering digunakan untuk melakukan perbaikan ponsel Xiaomi / Redmi, misalnya untuk Bypass FRP ataupun Bypass Micloud dan juga Unlock Bootloader.

Itulah beberapa Software Flasher untuk melakukan Unbrick, Upgrade, Downgrade maupun Fix Bootloop pada berbagai jenis Smartphone dan Chipset / CPU. Bila ingin menggunakan yang lengkap, bisa membeli alat berupa Box ataupun Dongle Flasher. Banyak jenis maupun harganya.

You may like these posts