Tutorial Permanent Write Imei Andromax A (A16C3H) via PC

Tutorial Permanent Write Imei Andromax A (A16C3H) via PC

Tutorial Permanent Write Imei Andromax A (A16C3H) via PC

Tutorial Permanent Write Imei Andromax A (A16C3H) via PC

Mengembalikan Imei yang hilang pada Smartfren Andromax A (A16C3H).
Setelah mempublish artikel tentang Tutorial Flashing Smartfren Andromax A A16C3H via QPST/QFIL kini saya akan membagikan tutorial yang lain, masih pada seri Smartfren Andromax A yaitu tutorial Permanent Write Imei Andromax A (A16C3H).

Karena saya lihat dibeberapa group FB masih banyak yang kebingungan cara mengembalikan Imei yang Hilang atau Null, maka saya tergerak untuk membuat artikel ini. Sebetulnya sudah lama sekali ingin membuat tutorial cara write imei Andromax A secara permanent, tetapi baru terlaksana saat ini.

Mengapa Imei Andromax A bisa hilang?

Imei hilang pada smartphone khususnya seri Smartfren Andromax, pastinya tidak akan hilang tanpa sebab. Biasanya Imei Hilang atau Null disebabkan karena proses Unlock. Menjadikan ponsel Smartfren Andromax dengan jaringan CDMA atau LTE yang hanya dapat di isi kartu Smartfren agar dapat dipakai untuk semua kartu (Unlock). Sistem kerja dari File Unlock tersebut biasanya memodifikasi MEID ataupun IMEI yang berakibat data imei rusak sehingga yang muncul pada layar ponsel ketika dicek dengan kode *#06# akan muncul keterangan IMEI 0(nol) atau Null, atau kosong tanpa keterangan apapun.

Tutorial Permanent Write Imei Andromax A (A16C3H) via PC

Dengan rusaknya Info IMEI/MEID ini akan menghilangkan proteksi Jaringannya, seingga yang tadinya ponsel Smartfren Andromax hanya bisa di isi kartu Smartfren (pada SIM 1), sekarang dapat di isi dengan kartu-kartu lain (GSM) yang sesuai dengan spesifikasi frekuensi baseband nya. Dengan kata lain, Handphone sudah terUnlock.

Apa dampak dari Imei Null pada ponsel Smartfren Andromax?

Dampak positif dari imei null pada Smartfren Andromax yaitu kita dapat mengisi atau menggunakan kartu-kartu selain kartu Smartfren pada SIM 1. Sehingga kita tidak harus memakai kartu Smartfren.

Disamping dampak positif, pastinya Imei Null pada Smartfren Andromax juga memiliki beberapa dampak Negatif, atau orang lebih mengenal dengan istilah BUG. Diantaranya:
  • Meskipun bisa di isi semua kartu, akan tetapi jaringan yang support hanya jaringan LTE (untuk handphone Smartfren Andromax A 4G). Tidak bisa di ganti ke 3G ataupun 2G. Sehingga berakibat, jaringan GSM LTE tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan. Sampai saat ini provider di Indonesia yang support panggilan di jaringan LTE hanya Smartfren dengan teknologi Smartfren VoLTE nya. Sedangkan provider GSM belum ada yang menyediakan layanan panggilan di jaringan LTE. Untuk panggilan harus pada jaringan Edge/2G. Padahal untuk smartfren yang Unlock, jaringan hanya LTE yang tersedia, ketika melakukan panggilan, tidak bisa pindah ke jaringa 2G/Edge.
  • Dalam posisi StockROM, ketika kita mengecas dalam keadaan hp mati, hp akan otomatis hidup sendiri saat kita melakukan pengisian daya atau pengecasan. Banyak yang merasa terganggu akan hal ini.
  • Bila ada panggilan masuk, handphone akan otomatis menjawab atau menerima panggilan tersebut. Kalau kita tidak menghendaki panggilan masuk tersebut, tentunya ini sangat tidak menyenangkan.
  • Dan yang paling parah yaitu sinyal menjadi hilang.

Apa saja yang perlu di persiapkan untuk melakukan Write Imei pada handphone Smartfren Andromax A (A16C3H)?

  • Perangkat Komputer (PC atau Laptop).
  • Kabel Data
  • Software WriteDualIMEI(W+G_eMMC).exe . Silahkan Download disini.
  • Qualcomm USB Driver. Silahkan Download disini.
  • Handphone Smartfren Andrmax A (A16C3H) yang mengalami IMEI null tentunya.

Bagaimana cara mengembalikan Imei Null pada handphone Smartfren Andromax A (A16C3H)?

Untuk mengembalikan Imei yang hilang atau Null pada handphone Smartfren Andromax A (A16C3H), kita memerlukan akses ROOT. Saya anggap kalian sudah memiliki akses ROOT tersebut. Kalau belum, dilain kesempatan akan saya bahas juga cara Root Smartfren Andromax A (A16C3H).
  1. Download dan Extract Software WriteDualIMEI(W+G_eMMC).exe.
  2. Download dan Install Qualcomm USB Driver. Abaikan bila sudah terinstall pada PC.
  3. Aktifkan Kunci OEM pada menu Pengaturan - Opsi Pengembang.
  4. Install dulu Aplikasi Terminal Emulator. Bisa download di Playstore. Aplikasi Terminal Emulator ini berguna untuk mengaktifkan USB Diag pada Smartfren Andromax A (A16C3H).
  5. Buka aplikasi Terminal Emulator, ketik SU kemudian Enter. Setelah itu ketik setprop sys.usb.config diag,adb kemudian Enter lagi. Ini berfungsi untuk mengaktifkan USB Diag.
  6. Sambungakan handphone Smartfren Andromax A (A16C3H) ke PC atau laptop.
  7. Install Driver Qualcomm nya sehingga Smartfren Andromax A (A16C3H) terdetek sebagai Qualcomm HS-USB Android Diag.
    Tutorial Permanent Write Imei Andromax A (A16C3H) via PC
  8. Buka Software WriteDualIMEI(W+G_eMMC).exe. Bila driver sudah terinstall dengan benar, port akan terdeteksi pada software WriteDualIMEI(W+G_eMMC).exe tersebut.
    Tutorial Permanent Write Imei Andromax A (A16C3H) via PC
  9. Isikan Imei 1 dan Imei 2. Kemudian klik Start. Bila proses berjalan dan berhasil akan muncul tulisan PASS.
  10. Silahkan Reboot HP nya dan cek Imei nya dengan kode *#06#.
    Tutorial Permanent Write Imei Andromax A (A16C3H) via PC

Demikianlah Tutorial untuk mengembalikan Imei yang hilang atau Null pada Handphone Smartfren Andromax A (A16C3H). Bila ada kendala dalam mengikuti tutorial ini, silahkan tinggalkan pesan melalui kolom komentar di bawah. Sebisa mungkin akan saya bantu dan jawab.

Download Software Write IMEI dan Qualcomm Driver

QPST Qfil Software Download

File Name: WriteDualIMEI(W+G_eMMC).exe
Size: 7MB
OS Compatible: Windows 7,8,8.1 dan 10 (32bit dan 64bit)
Link: Download
Include: Qualcomm USB Driver dan Aplikasi Terminal Emulator.apk

Qualcomm USB Driver Download

File Name: Qualcomm USB Driver
Size: 7MB
OS Compatible: Windows 7,8,8.1 dan 10 (32bit dan 64bit)
Link: Download

You may like these posts