Pentingnya penggunaan Tag Heading dalam sebuah Blog

Pentingnya penggunaan Tag Heading dalam sebuah Blog

Dalam artikel sebelumnya tentang Pengalaman di Approve Adsense, disana saya juga menyampaikan perihal Tag Heading.
Seberapa pentingkah Tag Heading dalam sebuah Blog?
Apakah Tag Heading berpengaruh terhadap SEO?
Apa manfaatnya Tag Heading untuk Adsense?
Tag Heading untuk AMP
Saya akan coba ulas tentang Tag Heading ini. Jadi simak baik-baik ya.


Apa itu Tag Heading

Tag Heading adalah sebuah kode HTML yang digunakan untuk membuat atau mendeskripsikan sebuah Judul dan Sub-Judul. Tag Heading ini terdiri dari <h1> sampai <h6>. Tag Heading <h1> memiliki ukuran font paling besar, <h2> lebih kecil san berikutnya lebih kecil lagi sampai <h6>. Kalo pernah mengamati sebuah website atau blog-blog profesional, setiap judul dan sub judulnya memiliki urutan yang pas dalam hal ukuran font nya. Bila kita melihat source code HTML nya, pasti menjumpai Tag <h1> <h2> dan seterusnya yang digunakan oleh penulis untuk mengidentifikasikan sebuah Judul.


Penggunaan Tag Heading

Umumnya kita untuk sebuah judul dari artikel yang dipublish di blog menandainya dengan ukuran Font yang besar (bold) dan Size yang besar juga. Mengapa demikian? ada yang bisa jawab?
Kalo menjumpai blog dengan artikel yang panjang, dan dengan ukuran font yang sama, pastinya bingung juga kan untuk mencari kesimpulan dari artikel tersebut tanpa harus membaca keseluruhan artikel nya. Bahkan sebuah buku pun menggunakan ukuran font yang besar dan tebal untuk mendeskripsikan sebuah judul, dan sub judulnya.
Mungkin ada yang belum paham dengan istilah Judul dan Sub-Judul? Pastinya paham semua ya. Kalau belum paham coba lanjutkan membacanya dan pahami artikel ini.


Contoh Penggunaan Tag Heading

Berikut saya sertakan contoh-contoh penggunaan Tag Heading yang biasa di pakai penulis Buku atau penulis Blog.

This is heading 1

This is heading 2

This is heading 3

This is heading 4

This is heading 5
This is heading 6

<h1>This is heading 1</h1>
<h2>This is heading 2</h2>
<h3>This is heading 3</h3>
<h4>This is heading 4</h4>
<h5>This is heading 5</h5>
<h6>This is heading 6</h6> 
Dalam sebuah blog pastinya sudah disediakan fitur untuk membuat Tag Heading ini. Kalian bisa cek di Template blog nya.

h1{font-size:1.8rem}
h2{font-size:1.6rem}
h3{font-size:1.4rem}
h4{font-size:1.2rem}
h5{font-size:1rem}
h6{font-size:0.9rem}

Manfaat menggunakan Tag Heading

Saat kita menulis artikel di blog, pada menu Compose, biasanya untuk judul kita pilih font dengan ukuran yang besar. Paling tidak beda lah dengan ukuran font pada artikel nya. Hasinya bisa dilihat pada gambar berikut.
Dan ketika kita ubah ke mode HTML, pembuatan kata-kata tersebut memerlukan banyak sekali Tag HTML.

<span style="font-size: x-large;">Largest</span>
<span style="font-size: large;">Large</span>
<span style="font-size: small;">Normal</span>
<span style="font-size: x-small;">Small</span>
<span style="font-size: x-large;"><span style="font-size: xx-small;">Smallest</span></span>
Tentunya dengan banyaknya code-code html tersebut dapat membuat loading suatu halaman menjadi lebih berat. Padahal saat ini kebanyakan orang menginginkan yang serba cepat. Mungkin sudah jamannya 4G LTE ya. Kalau masih jaman GPRS gimana coba .....

Apalagi untuk Blog dengan AMP, penggunaan Code HTML semacam itu menjadikan halaman AMP menjadi tidak Valid. Untuk AMP akan saya bahas nanti.

Tag Heading untuk SEO

Penggunaan Tag Heading sebetulnya tidak mempengaruhi SEO, misal mengganti tag <h4> menjadi <h3> atau sebaliknya. Tetapi ada manfaat yang di dapat selain dari itu. Dengan menggunakan Tag Heading dapat mempermudah para pembaca untuk memahami dan mencerna isi atau kandungan dari artikel tersebut. Dan Google pun menyukai artikel atau konten yang mudah di baca dan dipahami.
Sepertinya penjabaran itu sangat masuk akal bahwa konten yang memiliki struktur penataan yang baik dapat meningkatkan peringkat dari Blog kita meskipun secara tidak langsung. Saya pun demikian, bila menemukan blog dengan konten yang rapi, tentunya menjadi nyaman, betah dari pada membaca konten yang acak-acakan.

Sedikit pemikiran ini semoga bisa menjadi pertimbangan kalian untuk mulai membangun dan menulis blog dengan Rapi dan Terstruktur. Dan dari metode ini lah, salah satu alasan blog saya dapat di terima oleh Adsense.

No comments for "Pentingnya penggunaan Tag Heading dalam sebuah Blog"