Pengalaman di Approve Adsense

Pengalaman di Approve Adsense

Tentunya menjadi hal yang menggembirakan bila memiliki web blog dan di terima oleh Adsense. Apalagi bagi pemula seperti saya ini. Meskipun pengunjung tidak banyak, tapi setidaknya cukup lah sebagai penyemangat dalam menjalani rutinitas untuk Nge-Blog.

Sudah lama juga terjun di dunia Blogging, Blogspot, Wordpress, CMS Joomla, vBulletin dan apa lagi ya ..lupa. Meskipun itu ada yang tidak di kelola sendiri, tapi bisa buat belajar juga. Sekian lama bermain, berkecimpung di dunia blog, tidak pernah kepikiran untuk mendaftarkan atau memperoleh akun adsense. Hanya baru-baru ini saja gabung di Group Blogger dan membaca dan mengamati, ternyata lumayan juga hasilnya dari sebuah Blog. Mulai dari situ baru deh kepingin mendaftarkan juga blog nya ke adsense. Dan alhamdulillah dapat di Setujui untuk menayangkan Iklan dari Adsense. Waw ....

Ask Adsense

Mungkin ada yang bertanya, bagaimana bisa, syaratnya apa ya blog bisa di terima adsense? Oke saya akan berbagi pengalaman mengenai Adsense. Setelah saya pelajari, ternyata sangat mudah sekali untuk mendaftarkan Blog dan bisa diterima Adsense.


Apakah Blog Download tidak bisa di terima Adsense?
Siapa bila blog download tidak bisa di terima adsense. Bahkan blog pertama yang saya pakai buat percobaan mendaftarkan ke Adsense adalah Blog Download.
Apakah Blog harus berumur Tua, atau setidaknya 1 tahun?
Tidak. Blog yang saya pakai untuk percobaan pendaftaran Adsense adalah blog baru, baru sekitar 2 Bulanan dari awal pembuatan.
Apakah Email yang digunakan untuk mendaftar Adsense juga harus email lama?
Tidak. Saya sengaja membuat email baru dan blog baru untuk mendaftarkan blog tersebut ke Adsense. Dan nyatanya juga bisa di Approve. Email ini dibuat berbarengan dengan dibuatnya Blog.
Apakah jumlah pengunjung / Viewer mempengaruhi diterimanya adsense?
Percobaan saya mendaftarkan blog ke adsense ternyata tidak di pengaruhi oleh jumlah pengunjung. Bahkan trafik pada saat itu juga sangat minim sekali. Tapi apa hebatnya blog adsense tanpa pengunjung? Darimana pundi-pundi rupiah itu akan masuk ke Saldo adsense?
Pengunjung dari Facebook apa boleh?
Boleh-boleh saja. Tapi apa iya kita tiap hari harus spaming ke group-group FB? Capek kan. Mayoritas blogger lebih merasa bangga dan puas bila memperoleh sumber pengunjung dari Search Engine. Untuk mendapatkan pengunjung dari Search Engine, maka blog harus di daftarkan ke Webmaster Tool (Google / Bing atau yg lain), Submit Sitemap.xml ke Webmaster Tool, dan Sumbit URL artikel ke Webmaster Tool.

Cerita dibalik Adsense

Mengapa memutuskan membuat percobaan dengan Email dan Blog baru, bukannya sudah ada blog yang lama? Dari sini lah ide ini muncul. Blog lama dan sudah mempunyai follower yang lumayan, dan pengunjung dari search engine ketika saya daftarkan ke Adsense ternyata ditolak... Whats Wrong.....? Selidik punya selidik, coba sana coba sini kok sama saja ya. Eh, malah kepikiran untuk mencoba Template AMP. OK, adsense nya pending dulu.
Coba ubah saja Blog lama menjadi Blog AMP. Wah, ternyata rumit juga kalo blog lama di bikin AMP. Secara, harus rombak semua Struktur dari Postingan nya. Dari mulai merombak Artikel yang Valid AMP ini, baru deh Garap Blog baru dengan tema Download yang di niatkan untuk mendaftar Adsense dan ternyata Blog baru itu malah di Approve Adsense. Penasarankan? Simak baik-baik tulisan dibawah.

Bermula dari AMP itu, akhirnya saya menemukan titik cerah agar blog bisa di terima Adsense dengan mudah nya. Jadi apakah Blog dengan versi Valid AMP pasti diterima Adsense?

Harus nurut sama Adsense

OK, lanjut ke ceritanya, sebagai blogger yang ingin mendaftarkan blognya ke Adsense harus mematuhi kebijakan Adsense atau Nurut sama Adsense. Jika melanggar ya sudah pasti tidak akan di Approve. Lantas apa saja yang harus di hindari atau konten yang bagaimana yang tidak boleh ada di blog kita?
  1. Konten Pornografi.
    Konten dewasa yang vulgar sangat tidak diperbolehkan dalam sebuah blog yang akan di daftarkan Adsense.
  2. Mengerikan.
    Artikel yang menampilkan tentang hal-hal yang mengerikan dalam hal ini sadis, juga tidak boleh di tayangkan.
  3. Software Bajakan.
    Blog yag membahas tentang software-software bajakan juga tidak diperbolehkan.
  4. Narkoba.
    Blog tentang Narkoba dan alat-alat pendukung nya juga tidak dianjurkan.
  5. Pelecehan, Penghasutan, Kriminalitas.
  6. Konten Hacking /Cracking.
  7. Ujaran Kebencian dan Penghasutan.
    Dalam hal ini diskriminasi , meremehkan induvidu atau golongan berdasarkan Ras atau Suku, Agama, Disabilitas, Usia, Kebangsaan, Status veteran, Orientasi seksual, Jenis kelamin, Identitas gender.
  8. Konten jual beli spesies langka.
  9. Konten jual Minuman beralkohol.
  10. Penjualan Senjata atau Amunisi.
  11. Penjualan Tembakau dan terkait produk tembakau.
  12. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca di sini.
kira-kira seperti itu hal-hal yang tidak boleh untuk adsense. Tetapi tentunya para blogger tidak ada yang membuat konten semacam itu untuk tujuan adsense. Karena sejatinya adsense itu menyukai hal yang bersifat informasi yang bermanfaat dan tentunya baik atau tidak berbahaya.


Kisi-kisi agar dipinang Adsense

Mungkin bagi blogger yang jeli dan mau menggali lebih jauh di mesin pencarian Google khususnya, akan menemukan banyak sekali blog-blog yang membahas masalah Adsense ini. Dan tentunya dengan membaca disana akan menemukan jawaban atau solusi mengapa blognya tidak juga diterima oleh adsense, bahkan malah cenderung digantung beberapa hari, beberapa minggu, bahkan sampai beberapa bulan. Email cinta dari Adsense belum juga masuk. Entah itu penolakan atau diterima. Karena pernah secara tidak sengaja membaca keluhan para blogger di group facebook, kalau mereka menunggu kepastian dari Adsense sangatlah lama. Tetapi ada juga yang 1 hari, 3 hari sudah dapat email dari Adsense.

Dari blog saya yang pertama, saya mengajukan sampai 3x barulah diterima.
Yang pertama posisinya setelah ganti template langsung saya daftarkan ke Adsense. Dasar pemula ya, kesalahan fatal seperti ini seringkali dilakukan pada blogger seperti saya ini. Padahal ketika ganti template, system webmaster perlu merayapi ulang blog kita. Coba saja lihat di Dashboard Webmaster Tool nya, Google webmaster atau Bing Webmaster, pasti gambar Thumbnail nya masih gambar dengan template lama.

Yang kedua kalinya karena tidak adanya halaman About, Contact, Privacy Policy, dan Disclaimer. Sepertinya halaman-halaman itu sangat penting untuk memberikan kejelasan tentang web atau blog yang di kelolanya.

Yang ketiga saya mencoba ganti template lagi, karena menurut saya, template yang saya pakai waktu itu kurang nyaman di pandang. Dan ketika sudah selesai edit sana sini di template nya, saya diamkan saja template nya, tidak saya otak atik lagi agar google mendeteksi bahwa blog saya tidak dalam masa pembuatan.
Definisi pembuatan disini saya rasa di bagian template nya, buka di bagian artikel atau konten nya. Sekitar 1 minggu, saya coba daftarkan lagi. Sehari, tidak ada email masuk, 2 hari tidak kunjung datang, dan hari ketiganya ada email dari Adsense yang judulnya Situs Anda sekarang siap menayangkan iklan AdSense. Alhamdulillah ....
Trial Error nya berhasil.

Tambahan

Disamping itu sebuah blog juga harus memiliki menu navigasi yang jelas, sehingga memudahkan bagi para pengunjung untuk menelusuri situs kita. Menu navigasi itu seperti yang ada di bagian Header Blog ini.
Struktur penulisan juga harus yang rapi dan bersih. Perhatikan Tag Heading nya. Ini akan saya bahas di artikel berikutnya.
Untuk jumlah artikel yang di terbitkan tidak harus banyak untuk bisa diterima adsense.

Bagaimana, sudah siap untuk mengajukan ke Adsense lagi?

No comments for "Pengalaman di Approve Adsense"